Rabu , 17 Januari 2018

10 Cara Menambah Berat Badan Bayi Agar Lebih Ideal

Penting untuk diketahui oleh para orang tua bagaimana cara menambah berat badan bayi agar bobot tubuh bayi terus bertambah dan tetap ideal. Selain itu bayi yang sehat berat badannya terus bertambah sehingga tidak heran bila orang tua seperti ibu selalu fokus menaikan berat badan bayinya. Sebab mereka tidak ingin anaknya bertubuh kurus dengan berat badan dibawah ideal.

10 Cara Menambah Berat Badan Bayi Agar Lebih Ideal

Ketika memiliki buah hati sebaiknya kita memiliki pengetahuan dalam hal yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak terutama berat badan. Akan tetapi, tidak sedikit para orang tua yang terkadang bingung bagaimana cara menambah berat badan bayi agar ideal.

Untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan berbagi info bagaimana cara menaikan berat badan bayi agar ideal yang mungkin bermanfaat bagi para orang tua. Namun, sebelum itu ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu ukuran ideal berat badan bayi.

#. Ukuran Berat Ideal Seorang Bayi

Mungkin para orang tua atau ibu-ibu bertanya berat ideal seorang bayi berapa sih? Yes, sebenarnya berat badan ideal seorang bayi dapat dilihat berdasarkan umur dan tinggi badan mereka. Diktup dari laman situs panduanbpjs.com, berikut ukuran berat ideal bayi berdasarkan umur:

  • Berat Ideal Bayi Usia 0-3 bulan adalah 2,7 kg – 5,7 kg
  • Berat Ideal Bayi Usia 4-6 bulan adalah 5,0 kg – 7,4 kg
  • Berat Ideal Bayi Usia 7-9 bulan adalah 8,0 kg – 8,9 kg
  • Berat Ideal Bayi Usia 10-12 bulan adalah 9,3 kg – 9,9 kg
  • dst lihat tabel dibawah ini.

tabel berat badan ideal bayi

Jika berat badan bayi anda kurang dari standar yang terdapat pada tabel diatas berarti bayi anda kekurang asupan Nutrisi, sebaliknya jika berat badannya melebihi standar berarti kelebihan Nutrisi.

#. 10 Cara Menambah Berat Badan Bayi agar Lebih Ideal

Kunci utama dalam menaikan berat badan bayi adalah dengan memberikan makanan penambah berat badan. Untuk itu usaha yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah memperbaiki menu makanan bayi. Makanan terbaik untuk bayi berusia dibawah 6 bulan adalai ASI (air susu ibu) karena itu perlu juga memperbaiki pola makan sang ibu agar ASI yang dihasilkan lancar dan baik. Setelah bayi berusia diatas 6 bulan mulailah memberikan makanan tambahan baru.

Berikut beberapa cara menambah berat badan bayi agar lebih ideal yang perlu anda ketahui:

1. Memberikan ASI ( Air Susu Ibu )

Makanan utama dan paling baik untuk setiap bayi di bawah usia 6 bulan adalah air susu ibu (ASI). Oleh karena itu Hendaknya setiap ibu memberikan ASI secara ekslusif kepada bayi mereka. Jangan memberikan makanan lain dahulu selain ASI seperti susu formula pada bayi Anda yang masih berusia dibawah 6 bulan jika ASI anda normal. Karena ASI merupakan satu-satunya sumber makanan bayi yang paling bagus. pada usia ini agar berat badan bayi anda bertambah dan ideal adalah dengan memperbaiki pola makan ibu. Ibu menyusui hendaknya mengonsumsi makanan yang bergizi, sehat dan seimbang agar dapat memberikan nutrisi yang terbaik bagi sang buah hati. Selalu juga berikan ASI pada bayi Anda saat ia lapar dan menangis. Biasanya, bayi yang sehat akan mengalami kenaikan berat badan selama 6 bulan pertama kehidupannya walau hanya mendapat ASI eksklusif.

2. Memberikan Susu Formula

Ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan lebih, maka Ibu bisa mulai memberikan makanan tambahan pada bayi. Salah satu Makanan tambahan bagi bayi usia 6 bulan yang bisa dijadikan pilihan adalah susu formula. cara lain menambah berat badan bayi agar ideal adalah memberikan tambahan susu bubuk pada susu formula anak Anda. Perlu diingat bahwa kebanyakan susu terbuat dari bahan dasar susu sapi, maka Ibu sebaiknya melihat reaksi anak setelah memberikan susu formula. Apakah timbul diare, mencret atau alergi seperti gatal pada kulit. Jika ternyata anak mengalami alergi atau diare, sebaiknya segera bawa ke dokter anak kemudian ganti susu formula dari bahan dsar sapi dengan susu non sapi sepertu susu kedelai.

3. Mentega dan Minyak

mMnyak zaitun atau Mentega makanan yang baik untuk menambah berat badan bayi terutama diterapkan pada bayi yang berusia 6 bulan ke atas yang telah mendapatkan makanan pendamping ASI non-susu. Anda bisa menambahkan 1-2 sendok teh mentega dan minyak zaitun ketika memberikan bubur saring yang terdiri dari daging, sayuran atau kentang pada bayi anda. Minyak zaitun dan mentega cair dapat memenuhi kebutuhan lemak tubuh bayi Anda. Dan pastinya dapat menaikan berat badan pada bayi Anda.

4. Makanan Keju

Makanan lebih padat sudah bisa diberikan Ketika bayi Anda telah menginjak usia 7-8 bulan. Misalnya memberikan potongan-potongen keju seukuran jari untuk ia makan untuk menambah berat badan bayi anda. Cobalah membuat snack yang menyehatkan dari keju bagi anak Anda. Selain dapat menjadi makanan penambah berat badan bayi, keju juga dapat menjadi sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang bayi Anda agar lebih sehat dan kuat.

5. Ubi Manis dan Pisang

Anda tentu tidak asing dengan buah pisang dan ubi manis, Dua makanan ini dapat diberikan Ibu sebagai makanan penambah berat badan bayi. Kedua makanan ini merupakan makanan yang kaya akan kalori dan pastinya dapat meningkatkan bobot tubuh bayi yang sangat ampuh. Selain itu, pisang juga dapat memenuhi kebutuhan gizi anak Anda karena mengandung banyak sekali nutrisi seperti Vitamin C, Vitamin B6, serat dan kalium. Ubi manis pun mengandung lemak, serat, magnesium, Vitamin A, Vitamin C dan B6 yang akan memenuhi kebutuhan gizi harian anak. pada bayi usia 6-7 bulan berikan bubur pisang dan buah pisang utuh bisa diperkenalkan pada bayi usia 8 bulan ke atas.

6. Buah Alpukat

Lemak merupakan salah satu jenis nutrisi utama yang baik untuk menambah berat badan bayi. Namun, kita perlu memperhatikan lemak jenis apa yang baik bagi tubuh anak. Secara garis besar, lemak dibagi menjadi 2 macam yaitu lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Berusahalah memberikan jenis lemak tidak jenuh lebih banyak dibandingkan lemak jenuh. Nah, buah alpukat merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan lemak tidak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, begitu pula tubuh bayi. Selain dapat menjadi cara menambah berat badan bayi, memasukkan alpukat ke dalam menu makanan bayi Anda pun dapat memberikan cita rasa berbeda yang enak pada rasa makanan bayi Anda.

7. Selai kacang

Apakah ada makanan yang enak, disukai anak dan dapat menambah berat badan? Tentu saja ada. Jawabannya adalah selai kacang. Makanan ini dapat menjadi cara menambah berat badan bayi karena kandungan lemak yang cukup banyak. Selain lemak, selai kacang pun mengandung protein nabati yang baik untuk pertumbuhan tubuh bayi. Berikan selai kacang pada bayi berusia 10 bulan ke atas. Selai kacang pun dapat diberikan dalam berbagai bentuk makanan, misalnya saja dioleskan pada roti tawar, lalu dikukus dan diberikan pada bayi Anda.

8. Memberi Makan dengan Telur

Berikan telur pada bayi berusia di atas 8 bulan. Telur mengandung banyak sekali protein di putih telur dan kolesterol di kuning telur. Hati-hati bahwa telur menyebabkan reaksi alergi pada beberapa anak. Telur dapat disajikan dalam bentuk telur rebus, di orak-arik dan di goreng.

9. Memberi Makanan Daging

Selain memberikan lemak dan karbohidrat, jenis nutrisi lain yang harus Anda berikan pada anak Anda adalah protein. Sumber protein utama yang dapat Anda berikan ialah daging tanpa lemak. Selain protein, daging akan memberikan nutrisi tambahan lain yang berguna pagi pertumbuhan dan perkembangan anak seperti Vitamin B12, B6 dan kolesterol. Libatkanlah daging ayam atau daging sapi pada bubur saring anak Anda. Bayi di atas usia 8 bulan pun mulai dapat diberikan daging lembut dan lembek untuk dimakan.

10. Mengatur Kebiasaan Makan

Kebiasaan makan merupakan kunci yang penting untuk menaikkan berat badan anak Anda. Kebanyakan anak kecil yang mulai beranjak ke usia balita mengalami fase sulit makan sehingga tidak sedikit orangtua yang mengeluh karena hal ini. Untuk itu, kebiasaan makan yang baik sudah harus dipupuk sejak dini.

Berikan anak Anda bubur saring dari nasi, daging dan sayur sejak usia 8 bulan dibandingkan dengan pemberian bubur susu. Hal ini akan membiasakan anak Anda untuk makan makanan orang dewasa saat ia menginjak umur yang lebih besar. Orangtua yang memiliki kebiasaan makan yang baik seperti makan sayur dan daging yang bergizi juga akan menularkan kebiasaan ini kepada anak-anaknya karena anak terbiasa dengan kebiasaan orangtuanya.

Memberikan makanan yang bergizi dan bermacam-macam pada bayi setiap harinya wajib dilakukan orangtua agar bayi bisa tumbuh dengan sehat dan kuat. Agar mendapatkan Nutrisi yang cukup dan beragam maka anda bisa mengkombinasaikan makanan-makanan penambah berat badan setiap harinya. Biasakan memberikan makan bubur buatan yang di saring ketimbang bubur instan.

Itulah 10 cara menambah berat badan bayi agar lebih ideal. Memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah tugas orang tua bukan bidan oleh karena itu para orang tua perlu mengetahui apa saja harus dilakukan pada masa pertumbuhan anak. Demikianlah semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*