Minggu , 22 Oktober 2017

6 Jenis Diet Penyakit Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja, melainkan juga bisa digunakan agar terhindar dari suatu penyakit. Untuk itulah pada pokok bahasan kali ini menurunkanberatbadan.info akan mengulas tentang diet penyakit yakni memaparkan mengenai pengaturan makanan untuk penderita penyakit-penyakit tertentu.

6 jenis diet penyakit

Anda tentu saja sudah tahu bahwa jika suatu penyakit sangat erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi. Contohnya, seseorang yang menderita sakit diabetes, tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi gula terlalu banyak, sehingga ia harus melakukan diet gula. Bahkan tidak hanya diabetes, ada juga diet penyakit lainnya seperti diet penyakit kanker, diet penyakit Jantung, Diet penyakit Hepatitis dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah Pemaparan Lengkap Mengenai diet penyakit:

1. Diet Penyakit Diabetes
Dahulu, diabetes memang merupakan penyakit yang hanya menyerang para orang tua. Namun dewasa ini, anak-anak muda pun tak luput dari penyakit yang satu ini. Hal ini disebabkan oleh semakin maraknya aneka makanan manis dan kurangnya kontrol dari orang tua terhadap makanan yang dikonsumsi oleh anak-anaknya. Sejak kecil anak terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, sehingga ketika dewasa mereka akan beresiko terkena penyakit diabetes. Seseorang yang sudah terkena diabetes, harus selalu hati-hati menjaga pola makannya. Bahkan, orang yang sudah terkena diabetes akut, setiap hari harus mengkonsumsi obat.

Diabetes sendiri termasuk penyakit yang mematikan. Salah dalam penanganan dan tidak menjaga pola makan saja akan berakibat fatal. Selain itu, penyakit diabetes merupakan penyakit yang tidak terduga. Seseorang bisa saja meninggal hanya karena terkena pecahan kaca. Jika selama ini ia tidak sadar telah menderita diabetes. Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan secara rutin agar diketahui kondisi tubuh secara menyeluruh.

Jika anda atau keluarga anda terkena diabetes, anda harus berusaha untuk menerapkan pola diet. Sebenarnya seseorang yang terkena diabetes tanpa komplikasi terhadap suatu penyakit bebas dalam mengkonsumsi makanan. Semua makanan bebas dimakan asalkan disesuaikan antara kebutuhan makanan dan aktivitas yang tidak kalah penting, harus diimbangi dengan olahraga.

Diet yang dilakukan oleh orang yang terkena diabetes, yakni diet porsi makanan. Anda tetap dapat mengkonsumsi nasi, buah, sayuran, camilan, tetapi dalam porsi yang sangat terbatas. Lebih baik anda makan berulang-ulang dalam satu hari tetapi dengan porsi satu sampai dua sendok makan nasi, daripada anda makan dua kali tetapi dalam porsi yang sangat besar. Semakin sedikit yang anda makan, akan langsung dibakar oleh tubuh menjadi energi. Beberapa waktu kemudian, anda dapat makan kembali dalam jumlah yang sedikit pula.

Penderita diabetes harus menghindari makanan yang mengandung lemak serta kolesterol tinggi. Selain itu, sebisa mungkin mengganti nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah mempunyai kandungan gula yang lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih. Nasi merah juga akan jauh lebih mengenyangkan anda meskipun dalam porsi yang sedikit.

Penderita diabetes akan lebih baik jika memakan makanan yang bervariasi. Contoh makanan yang bervariasi tersebut misalnya sayuran, buah-buahan, daging rendah lemak, serta makanan yang mengandung sedikit protein. Meskipun sebenarnya semua makanan boleh dikonsumsi, penderita diabetes juga harus membatasi jumlah asupan tersebut, sehingga penderita diabetes sekaligus melakukan diet rendah karbohidrat, rendah protein, rendah lemak dan lain-lain.

Diet penyakit diabetes ini sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita komplikasi. Misalnya saja menderita komplikasi diabetes dengan jantung, maka orang tersebut harus mengkonsumsi makanan yang rendah mineral dan rendah sodium. Itulah sekilas pemaparan mengenai diet diabetes.

Baca juga: Diet Tanpa Gula Cepat Turunkan Berat Badan

2. Diet Penyakit Kanker
Kanker termasuk penyakit yang berbahaya dan mematikan. Kanker sebenarnya penyakit yang mampu disembuhkan, asalkan belum terlalu parah. Penderita kanker juga disarankan untuk melakukan diet. Diet bagi penderita kanker bertujuan untuk membantu proses penyembuhan.

Mengkonsumsi makanan sehat secara terus menerus dipercaya dapat membantu memperbaiki sel-sel yang telah rusak, walaupun perbaikan tersebut disertai dengan pengobatan yang berkelanjutan. Salah satu diet yang harus dialkukan untuk penderita kanker yakni diet daging merah. Mengkonsumsi daging merah secara terbatas terbukti memberikan efek yang baik bagi penderita kanker. Selain itu, mengkonsumsi banyak buah dan sayur menyebabkan kondisi penderita menjadi lebih baik.

3. Diet Penyakit Jantung
Jantung termasuk penyakit yang mematikan. gagal jantung dapat menyebabkan seseorang meninggal secara mendadak. Oleh karena itu, Seseorang yang menderita penyakit jantung juga memerlukan perlakuan yang khusus. Anda barangkali sering melihat iklan di TV yang menawarkan makanan siap saji tetapi berfungsi untuk menjaga jantung anda. Hal itu sebagai salah satu solusi agar penyakit jantung dapat tertangani.

Jika anda atau orang terdekat anda menderita penyakit jantung, banyak hal yang harus anda perhatikan.

Pertama, Anda harus memperhatikan jumlah asupan buah dan sayur. Buah dan sayur tetaplah menjadi menu yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan tidak ada larangan untuk mengkonsumsinya. Seseorang yang menderita jantung haruslah mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah. Karena sayuran dan buah dipercaya mengandung antioksidan sehingga baik bagi tubuh. Ada fakta unik mengenai sayuran dan buah terhadap penyakit jantung. Seseorang yang sangat gemar mengkonsumsi buah dan sayur sangat jarang terkena penyakit jantung. Jika anda ingin terhindar dari penyakit jantung, banyaklah makan buah dan sayur.

Kedua, perbanyaklah mengkonsumsi bawang putih. Bawang mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, bawang putih juga mengandung zat antibiotik. Mengkonsumsi bawang putih secara benar, dapat menjadi suplemen bagi tubuh.

Ketiga, Perbanyklah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Kalsium dibutuhkan oleh tubuh, mampu mempengaruhi jantung untuk memompa darah. Hal ini tentu saja akan berdampak baik bagi tubuh.

4. Diet Penyakit Hepatitis
Hepatitis bukan penyakit yang dapat disepelekan. Seseorang yang menderita sakit hepatitis B berisiko untuk terkena permasalahan dengan hati. Ketika virus dari penyakit hepatitis ini sudah menyebar, dapat menyebabkan kematian.

Untuk itu, perlu dilakukan diet bagi penderita hepatitis. Seseorang yang positif terkena penyakit hepatitis haruslah mengkonsumsi makanan lain. Dengan kata lain, orang tersebut sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan siap saji karena akan berbahaya baginya. Seseorang yang positif terkena hepatitis haruslah mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dengan porsi yang secukupnya. Jangan makan terlalu banyak, karena tidak baik bagi tubuh.

Dapat disimpulkan bahwa seseorang yang menderita penyakit hepatitis haruslah sadar untuk tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Selain itu, penderita hepatitis juga harus menghindari semua makanan dalam bentuk kaleng, siap saji ataupun makanan kemasan. Penderita Hepatitis harus selalu menjaga agar tetap mengkonsumsi makanan yang berasal dari sayuran segar.

Baca juga: Cara Menjalankan Diet Shangrila

5. Diet Penyakit Asma
Tujuan utama dari diet yang banyak orang lakukan adalah untuk mengontrol berat badan. Jika berat badan terkontrol, berbagai macam penyakit pun tidak akan singgah. Sudah diketahui bersama jika pola makan yang buruk akan langsung berimbas terhadap kesehatan. Coba saja amati anak yang sejak kecil mengkonsumsi makanan siap saji dengan anak yang sejak kecil mengkonsumsi makanan alami. Dari segi kesehatan anak yang mengkonsumsi makanan alami lebih tahan terhadap penyakit.

Tahukah anda jika pola makan ibu ketika hamil juga berpengaruh terhadap anak. Apa pun yang ibu hamil makan, akan diserap oleh anak. Untuk itu, bagi ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayuran dan buah. Mengkonsumsi banyak buah dan sayur ketika hamil dapat menghindarkan anak terhadap penyakit termasuk asma. Sayur dan buah mengandung antioksidan yang baik bagi di jabang bayi.

6. Diet Penyakit Asam Urat
Asam urat adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh seseorang yang berusia kepala empat. Jika diperhatikan, seseorang yang sudah terkena asam urat pastilah tidak akan makan sembarangan. Asam urat merupakan penyakit yang sewaktu-waktu dapat kambuh. Ketika kambuh, tangan atau kaki akan menjadi kebas dan ketika disentuh akan terasa sakit.

Sudah diketahui oleh umum bahwa penyakit asam urat tidak boleh mengkonsumsi sembarangan makanan. Seseorang yang sudah terkena asam urat, sedikit saja salah makan akan kambuh. Makanan yang paling banyak dihindari oleh penderita asam urat yakni olahan makanan yang berbahan baku melinjo. Meskipun demikian, bukan berarti penderita asam urat tidak boleh mengkonsumsi makanan lezat.

Diet yang harus dilakukan oleh penderita asam urat yakni diet dari makanan yang berlemak serta tinggi protein seperti jeroan hewan, daging bebek, daging burung, sarden dan lain-lain. Selain itu, penderita juga harus menghindari makanan yang mengandung ragi, seperti tape. Jangan sekalipun melanggar makanan yang dilarang bagi penderita asam urat, jika tidak ingin merasakan sakit yang luar biasa. Apabila sedang kambuh, penderita asam urat hanya mampu berdiam diri ditempat tidur.

Selain tidak boleh melanggar makanan pantangan penderita asam urat juga dilarang untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Sebaliknya, perbanyaklah minum air putih, karena air putih baik bagi penderita asam urat. Hal penting lainnya yang perlu dikathui bagi penderita asam urat yakni menurunkan berat badan. Salah satu penyebab bersarangnya penyakit asam urat bisa jadi karena kegemukan. oleh karena itu, berusahalah untuk menurunkan berat badan anda. Lakukanlah diet sehat agar berat badan anda berkurang. Cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan selain melalui makanan, juga bisa melalui olahraga.

Jika anda khawatir asam urat anda akan kambuh berpuasalah. Puasa terbukti dapat mengurangi risiko asam urat kambuh. Ketika sedang berpuasa, secara langsung anda akan menjaga asupan makanan. Selain itu, ketika anda berpuasa lemak di dalam tubuh juga akan semakin banyak yang dipecah dan dibakar menjadi energi selama beraktivitas.

Bagi anda yang menderita asam urat tetapi ingin tetap menikmati makanan lezat, anda bisa menikmati kacang merah, kacang tanah dan kacang hijau. Selain itu, anda juga dapat menikmati daging ayam serta ikan lau seperti bandeng dan tongkol serta ikan air tawar seperti bawal. Tahu dan tempe juga makanan yang boleh anda konsumsi. Semua makanan tersebut dapat anda konsumsi dengan catatan porsi yang terbatas. Penderita asam urta pun dapat menikmati aneka buah-buahan. Buah yang bisa dinikmati oleh penderita penyakit asam urat adalah pisang, anggur, jeruk, stroberi, melon, semangka dan lain sebagainya.

Makanan-makanan yang diperbolehkan tersebut merupakan makanan yang lezat. Jika anda merasa bosan dengan menu makanan sebagai penderita asam urat, anda bisa memasaknya dengan berbagai cara. Bahan makanan seperti daging, buah dan sayur dapat anda kreasikan sehingga menjadi makanan yang tidak membosankan meskipun dimakan setiap hari.

Fakta unik penderita asam urat yakni kebiasaan kencing terlalu sering. Penderita asam urat biasanya mempunyai intensitas kencing yang tinggi dibandingkan dengan seseorang yang tidak menderita asam urat. Hal ini menyebabkan ketika dalam perjalanan jauh, penderita asam urat harus sering berhenti untuk membuang air seni.

Itulah pemaparan mengenai diet bagi penderita penyakit diabetes, kanker, jantung, hepatitis, asma dan asam urat. Ingatlah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Daripada penyakit kambuh lagi lebih baik menjaga pola makan dan minum dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*