Senin , 18 Desember 2017

6 Menu Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

menu diet sehat untuk ibu menyusui

Diet Ibu Menyusui ~ Saat menyusui biasanya seorang ibu akan mengalami masalah seperti kegemukan. Lalu apa solusinya? Sementara saat menyusui harus ada asupan nutrisi yang banyak untuk menghasilkan ASI yang berkualitas dan untuk menyalurkan nutrisi kepada bayinya. Diet sehat adalah solusinya. Apa saja menu diet sehat untuk ibu menyusui yang disarankan? Mari simak beberapa ulasan mengenai menu diet sehat untuk menyusui yang akan di jelaskan di sini.

Bagi ibu menyusui yang takut gemuk dan perut buncit pasca melahirkan karena harus makan ini dan itu untuk memenuhi nutrisi si kecil, jangan khawatir karena bila menerapkan menu diet sehat yang di jelaskan di sini tidak akan mengalami kegemukan.

Beberapa menu diet sehat untuk ibu menyusui

1. Karbohidrat Kompleks
Bila sehari-hari mengkonsumsi nasi putih (karbohidrat tunggal), maka ada baiknya mengganti karbohrat tunggal dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah. Karbohisrat komplek lebih lama diproses di dalam pencernaan sehingga terus memberikan rasa kenyang yang akan menunda lapar dan menghindari keinginan untuk negmil. Karbohirat kompleks juga jauh lebih rendah gulanya, sehingga aman untuk tubuh.

2. Sayuran Hijau
Beberapa jenis sayuran hijau yang kaya serat dan mineral sangat baik untuk menu diet ibu menyusui. Misalnya brokoli, sayur bayam dan daun katuk. Sayuran ini kaya serat yang akan melancarkan pencernaan. Selain itu mengandung nutrisi untuk melancarkan produksi ASI seperti yang ada pada daun katuk.

3. Buah Segar
Buah sebagai pelengkap serat alami untuk pencernaan dan melancarkan BAB. Berbagai vitamin dan mineral terandung di dalam semua jenis buah. Buah sangat baik dikonsumsi dalam bentuk jus atau utuh dengan dipotong-potong kecil. Buah juga cocok dijadikan camilan sehat yang rendah kalori.

4. Protein Nabati
Ibu yang meyususi juga tetap harus memenuhi kebutuhan protein. Protein yang dikonsumsi ibu akan tersalurkan kepada bayinya melalui ASI, dan akan bermanfaat untuk pembentukan otak dan otot si bayi. Namun protein yang baik bagi ibu menyusui adalah protein nabati yang berasal dari kacang kedelai, ikan dan kacang-kacangan yang rendah lemak.

5. Susu Rendah Lemak
Susu juga diperlukan oleh ibu yang menyusui. Namun untuk menghindari kegemukan, pilih susu yang rendah lemak dan alami. Susu adalah sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang si bayi. Jika kebutuhan kalsium ibu menyusui terpenuhi maka kebutuhan kalsium bayinya juga akan terpenuhi.

6. Air Putih
Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih 8 gelas per hari. Hindari minuman bersoda dan yang mengandung pemanis. Air putih lebih baik, karena akan melancarkan proses pencernaan dan penyerapan nutrisi yang sudah didapat dari menu diet yang dikonsumsi.

Cukup jelas bukan apa saja menu diet sehat untuk ibu menyusui yang harus terpenuhi. Bila anda sedang menyusui, terapkan menu diet di untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil tanpa harus makan yang berakibat kegemukan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*