Senin , 18 Desember 2017

Akibat Perut Buncit dan Bahaya Bagi kesehatan

Tahukah anda Akibat Perut Buncit dan Bahayanya Bagi kesehatan ~ Sering tidak nyaman ketika perut sedang gemuk atau buncit? Perut buncit memang masalah yang sering menimbulkan berbagai gangguan baik secara penampilan maupun kesehatan. Memiliki perut buncit itu tidak baik? Perut buncit adalah sumber dari berbagai penyakit. Banyak sekali penderita diabetes, stroke dan penyakit jantung yang sebelumnya memiliki perut yang buncit. Untuk itu, dalam rangka memperluas pemahaman kita mengenai kerugian jika memiliki perut buncit, maka di sini akan di bahas mengenai akibat perut bucit dan bahaya bagi kesehatan.

akibat dan bahaya perut buncit bagi kesehatan

Penyebab Perut Buncit

Perut buncit disebabkan karena timbunan lemak visceral di dalam usus. Lemak visceral terbentuk akibat kelebihan kalori dan perubahan hormon. Dan sebagian besar dipicu karena gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan berlemak tinggi, minum alkohol, begadang, jarang berolahraga dan kurang serat. lebih jelasnya baca disini

Akibat dan Bahaya Perut Buncit

Tahukah anda? Tidak sehat memiliki perut yang buncit. Ternyata lemak lemak di bagian perut (lemak visceral) lebih berbahaya bagi tubuh di bandingkan lemak lainnya. Lemak ini sangat sulit dihilangkan dan dalam jumlah yang berlebihan dapat memiu penyakit jantung, darah tinggi diabetes serta penyakit kanker. Akibat dari lemak di bagian perut juga akan menyebabkan tubuh terlihat menggelambir dan memiliki selulit yang kurang enak di pandang.

Berikut selengkapnya mengenai beberapa akibat perut buncit dan bahaya bagi kesehatan:

1. Memicu Serangan Jantung
Lemak di bagian perut dapat menyumbat arteri dan menghalangi jalannya darah, sehingga dengan demikian suplai darah tidak sampai ke otak dan jantung yang akhirnya berakibat terjadi serangan jantung tiba-tiba.

2. Memicu Stroke
Timbunan lemak jahat yang berlebihan juga berpotensi mengendap pada pembuluh darah dan akhirnya menyumbat pembuluh arteri atau sering disebut aterosklerosis. Apabila aliran darah terhambat, maka darah akan menggumbal dan inilah salah satu awal mula terjadinya serangan stroke.

3. Memicu Kanker
Kelebihan berat badan dan perut buncit sangat erat kaitannya dengan penyakit kanker. Karena lemak jahat yang tertimbun adalah senyawa karsinogen yang dapat mengaktifkan sel-sel kanker di dalam tubuh. Penyakit kanker yang dapat terjadi diantaranya; kanker usus, kanker payudara, kanker prostat, kanker hati dan kaker ginjal.

4. Memicu Kematian
Seperti yang kita ketahui, lemak yang tertimbun di dalam perut berlebihan akan memicu serangan jantung mendadak, kanker dan penyakit kronis lainnya yang sudah kita singgung sebelumnya, maka beresiko pula menyebabkan kematian dini.

Tips Mencegah Perut Buncit

Untuk mencegah agar perut tidak mengalami kebuncitan, maka kita perlu membiasakan diri memperhatikan pola makan dan gaya hidup. Perbaiki asupan makanan dengan gizi yang sehat seperti sayur, buah dan protein nabati. Perbaiki pola tidur, yaitu upayakan nyanyak dan selama 6-8 jam. Jangan lupa konsumsi air 8 gelas per hari di sertai olah raga rutin. Bila perlu lakukan program diet sehat untuk mengurangi timbunan lemak jahat di dalam tubuh.

baca juga: ramuan tradisional mengecilkan perut

Nah itu tadi beberapa akibat perut buncit dan bahaya bagi kesehatan yang sudah di bahas di sini. Semoga bermanfaat, dan cobalah terapkan tips mencegah perut buncit yang sudah di bagikan di sini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*