Senin , 18 Desember 2017

Bagaimana Merencanakan Diet Yang Baik?

Sudahkan anda merencanakan diet yang baik ketika akan melakukan diet dalam rangka menurunkan berat badan yang berlebih? Jangan sampai anda salah dalam melakukan program diet yang dilakukan nantinya. Sebab jika anda keliru dalam menjalani program diet maka hal ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Bisa-bisa berat badan anda bukannya turun tapi anda justru jadi sakit. untuk itu jangan sampai keliru.

merencanakan diet yang baik

Menurut helpguide.org yang pertama perlu di lakukan adalah anda harus Mempersiapkan diri agar bisa menjalankan diet dengan sukses. Mula-mula lakukanlah diet dengan mengubah kebiasaan makan anda setiap harinya. Kurangi jumlah porsi makanan yang akan anda konsumsi setiap hari. Cara menyiasatinya saat makan gunakanlah piring yang kecil. Porsi makan andapun akan berkurang dengan sendirinya bila menggunakan piring kecil.

Jika anda sangat suka makan camilan, saat anda memulai makan camilan itu makanlah dengan memberikan waktu yang lama untuk mengunyah camilan tersebut. Agar camilan yang anda konsumsi tidak terlalu banyak dan anda juga puas makannya maka nikmatilah makanan tersebut secara perlahan. kemudian penuhi kebutuhan vitamin dengan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur selain dapat membuat kebutuhan vitamin terpenuhi dengan baik juga dapat menjaga tubuh tetap sehat.

Selanjutnya mengkonsumsi makanan berkalsium setiap hari guna memenuhi kebutuhan kalsium perhari sebanyak 1000mg Anda juga bisa mengkonsumsi vitamin D dari suplemen untuk membantu pemenuhan kebutuhan kalsium dalam tubuh selama menjalani program diet. dan terakhir adalah membatasi jumlah konsumsi gula dan garam untuk makanan anda. karena jika terlalu banyak dikonsumsi gula dan garam dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih gemuk.

Selain beberapa langkah diatas setidaknya ada tiga pedoman diet yang sangat perlu diperhatikan sebagaimana dikutip dari webmd.com antara lain:

Pertama menentukan banyaknya berat badan yang akan diturunkan. Menurut pakar Gastroenteroslogist dari Boston University Brian C. Jacobson, mengetahui seberapa banyak berat badan yang akan diturunkan merupakan langkah yang paling awal yang perlu dilakukan dalam perencanaan diet. Bagi anda yang mengalami obesitas, maka anda perlu menurunkan berat badan anda sampai pada titik ideal. sedangkan bagi anda yang merasa sudah bahwa berat badan sudah ideal maka anda hanya perlu mengontrolnya agar tidak naik kembali.

Kedua Memahami Personality, Personality yang dimaksud disini adalah bagaimana pola pikir anda terhadap makanan. Pandangan setiap orang dalam memperlakukan makanan tentunya berbeda-beda. Sebagian orang mungkin tahan terhadap godaan makanan, namun sebagian orang lagi tidak bisa menolak dan menahan godaan makanan. Dengan mengetahui personality, anda akan belajar untuk mengontrol sikap diri anda terhadap makanan.

Ketiga, membuat komitmen untuk diet. komitmen sangat dibutuhkan sebelum memulai diet sebab dengan memiliki tekat yang kuat untuk menurunkan berat badan, maka diet yang anda jalani akan terasa ringan dan lebih mudah. Saat mulai menjalani diet tetap tanamkan komitmen tersebut di kepala anda agar diet yang dijalani sukses dan berjalan sesuai dengan yang anda inginkan.

Selain itu sebaiknya disarankan untuk membuat rencana daftar makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan harus dihindari selama diet. Carilah informasi lain dari berbagai sumber baik itu majalan atau Internet tentang menu-menu lezat dan snack yang tetap memiliki nutisi yang sehat. Ada banyak sekali resep-resep mudah dan murah yang tetap dapat menyengkan perut tanpa menambah berat badan.

baca juga: manfaat diet

Selanjutnya adalah mengatur waktu untuk melakukan olahraga ringan secara rutin. Misalnya meluangkan waktu untuk jogging sebentar setiap pagi atau membuat janji ke Gym. Lebih bagus lagi jika anda melakukan olahraga yang agak berat diakhir pekan seperti berenang yang dapat membuat berat badan turun semakin cepat bila rutin dilakukan. terakhir selama berdiet cobalah memasak makanan sendiri, sebab selain lebih murah anda bisa menyesuaikan komposisi kalori sesuai dengan kebutuhan anda.

Itulah beberapa langkah merencanakan diet yang baik bagi anda yang akan menjalani diet untuk menurunkan berat badan. semoga tips diatas dapat bermanfaat dan membantu anda memperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan. salam.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*