Sabtu , 19 Agustus 2017

Diet Atkins Turunkan Berat Badan 10 kg Dalam Enam Bulan

Diet Atkins atau low Carbohydrate merupakan salah satu cara turunkan berat badan yang cukup efektif hingga 10 kg dalam enam bulan. Diet ini diperkenalkan oleh seorang ahli nutrisi Amerika Serikat pada tahun 1970 oleh Dr. Robert Coleman Atkins. Pantangan dalam menjalankan diet atkins adalah segala macam karbohidrat dalam bentuk apapaun seperti nasi putih, nasi beras merah, roti, keju, kentang dan mie. Sebagai gantinya yaitu mengkonsumsi makanan kaya lemak dan protein, seperti ikan, daging, telur dan sebagainya.

Diet Atkins Turunkan Berat Badan 10 kg Dalam Enam Bulan

Protein dan lemak akan membuat rasa kenyang lebih tahan lama sehingga pelaku diet atkins tidak mudah lapar. Meskipun begitu asupan lemak akan menjadi berlebihan sehingga metabolisme tubuh tidak seimbang. Bagi perempuan, lemak yang berlebih ini umumnya disimpan di perut, paha dan pinggul. Hanya dalam enam bulan berat badan bisa turun mencapai 10 kg.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg dalam Seminggu

Cara Menjalankan Diet Atkins

Adapun cara menjalankan diet atkins untuk turunkan berat badan yaitu dengan mengurangi asupan karbohidrat, bahkan dihilangkan. Patokan karbohidrat yang boleh dikonsumsi dalam diet atkins adalah 20 gram.

Makanan yang dikonsumsi dalam diet ini sebagai pengganti karbohidrat yaitu makanan yang kaya protein seperti yang terdapat dalam daging ayam, daging sapikelinci, kerbau, domba dan lain sebagainya. Semua jenis daging dianjurkan dalam diet atkins.

Selain daging makanan lain yang boleh dikonsumsi dalam diet atkins adalah ikan dan telur. Anjuran jumlah protein yang boleh dikonsumsi setiap harinya adalah sebesar 4 ons. Hasil diet ini mirip dengan diet OCD yakni meningkatnya massa otot dan tubuh pun menjadi atletis.

Baca Juga:

Menurut ahli nutrisi dari klinik Nutrifit Jakarta, Dr. Samuel Oetoro, M.S.,Sp.GK, diet atkins merupakan diet rendah karbohidrat merupakan diet yang membatasi sumber karbohidrat.

Karena tidak mengkonsumsi karbohidrat, para pengikut diet rendah karbohidrat ini memperoleh energinya dari makanan yang tinggi protein dan lemak. Konsekuensinya mereka meninggikan konsumsi protein yang bersumber dari daging. Padahal kita tahu daging mengandung lemak. Akibatnya, selain kadar protein dalam tubuh tinggi, lemaknya juga tinggi jelas samuel.

Ia menambahkan enaknya diet seperti ini kenyangnya lebih tahan lama. Karena makanan yang mengandung protein dan lemak akan membuat kita merasa lebih kenyang. Tetapi pendapat itu keliru karena asupan lemak jadi berlebihan. Masih menurut samuel diet rendah karbohidrat memang awalnya sangat menggembirakan bagi orang-orang yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Menurut penelitian, pada enam bulan pertama berat badan bisa turun drastis, terutama dalam waktu dua atau tiga bulan pertama. Meski penurunannya pada setiap orang berbeda-beda dalam enam bulan berat badan bisa turun sampai 10 kg. Namun, setelah enam bulan, berat badan cenderung turun pelan dan sedikit sekali. Jika akan diturunkan lagi biasanya susah.

Selain itu, menurut samuel, cepatnya penurunan berat badan ini lantaran ikut keluarnya air dalam tubuh. Hal ini disebabkan adanya metabolisme atau proses pembakaran dalam tubuh. Kalau seseorang tidak makan karbohidrat, air cenderung dikeluarkan. Padahal dalam penurunan berat badan yang harus diturunkan adalah lemak, bukan kadar air dalam tubuh.

Akibatnya jika terlalu banyak cairan tubuh yang keluar, orang tersebut bisa mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Idealnya, jika sedang dalam tahap pelangsingan badan, seminggu menurunkan berat antara setengah sampai satu kilo gram. Jadi, sebulan maksimal turun sekitar 4 kilo gram. Bisa saja berat badannya turun sampai 5-6 kg tetapi harus dalam pengawasan ketat dokter gizi. Kalau tidak, bisa terjadi komplikasi penyakit, ungkap samuel.

Kelebihan dan Kekurangan Diet Atkins

Diet atkins merupakan diet yang bisa digunakan untuk meningkatkan massa otot. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan massa otot sehingga otot terlihat menonjol, dapat melakukan diet ini. Dengan diet ini anda dapat dengan mudah menurunkan berat badan. Seiring anda mengurangi atau menghindari sama sekali karbohidrat maka lemak anda akan semakin menurun. Namun, diet ini juga mempunyai kekurangan.

Diet atkins sempat ditentang oleh masyarakat akan tetapi tetap dipertahankan oleh dr. Robert atkins. Sesudah dikritisi oleh masyarakat dr. atkins kemudian membuat revisi tanpa menghilangkan poin karbohidrat dan protein yang dikonsumsi. Poin penting yang menjadi kekurangan diet atkins adalah risiko terkena penyakit jantung karena diet ini sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi banyak daging.

Barangkali sudah diketahui bersama bahwa daging mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh inilah yang menyebabkan seseorang dapat terkena serangan jantung dengan persentase lebih banyak daripada yang tidak mengkonsumsi jumlah daging berlebih. Oleh karena itu, jika anda ingin melakukan diet atkins, anda harus benar-benar menjaga jumlah daging atau makanan apa pun yang mengandung protein. Jangan sampai anda terlalu banyak mengkonsumsi protein yang mengandung lemak jenuh, yang kemudian akan membebani kinerja jantung anda.

Agar risiko terkena serangan jantung tidak bertambah besar, diet ini juga harus diimbangi dengan olahraga fisik yang berat. Olahraga seperti fitnes harus rutin dilakukan jika ingin diet ini berhasil. Itulah penjabaran mengenai diet atkins yang meliputi penerapan diet, kelebihan dan kekurangan diet serta hal teknis dalam berdiet. Tinggal anda sendiri yang memberi keputusan ingin melakukan jenis ini ataukah tidak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*