Minggu , 24 September 2017

Ingin Tahu Tips Mengolah sayuran dan Buah Yang Baik

Tips Memilih dan Mengolah sayuran dan Buah yang baik Untuk Diet juga penting untuk dilakukan tidak hanya pada daging dan ikan saja guna menunjang kesuksesan program diet yang dijalani. dalam menjalani diet supaya tidak membosankan dengan menu diet itu-itu saja maka kita dapat mengkonsumsi menu lain seperti sayuran, daging dan ikan tapi harus diingat dalam memilih dan mengolah menu makanan terutama untuk keperluan diet perlu anda perhatikan.

tips mengolah sayuran dan buah

Buah dan sayuran memang baik dan bermanfaat untuk program diet menurunkan berat badan. Selain bermanfaat sangat baik bagi kesehatan Makanan ini juga cukup diandalkan dalam program penurunan berat badan agar ideal. Oleh karena itu perlunya mengetahui tips dan cara memilih dan mengolah sayuran dan buah yang baik sebab salah dalam mengolahnya bisa membuat khasiat dan manfaatnya hilang. Sementara dalam memilihnya tentu harus yang higienis, bersih, segar dan aman dikonsumsi.

1. Tips Memilih Sayur dan Buah Yang Baik

Kita memang harus bisa membedakan buah yang baik dan tidak baik sebab tidak semua buah aman dikonsumsi karena ada beberapa pedagang nakal menjual buah dan sayur yang mengandung formalin, pewarna dan sebagainya. dan berikut tips memilih sayur dan buah yang baik dan aman dikonsumsi :

a. Bebas pestisida
Ciri-ciri buah dan sayuran yang bebas dari pestisida sangat mudah diperhatikan yakni terlihat masih segar dan lubang bekas dimakan ulat sedikit.

b. Bebas pewarna
Buah yang memiliki pewarna biasanya memiliki ciri terdapat bekas suntikan yang pada umumnya terletak diujung tangkai buah. beberapa jenis buah yang biasa diberi zat pewarna buatan anatar lain semangkan, pisang, jeruk, mangga dan masih banyak lagi.

c. Bebas Formalin
Buah yang mengandug formalin biasanya memiliki ciri terlihat segar dan berbau menyengat, tetapi pada bagian tangkainya tampak layu.

d. Bebas lilin
Sekarang ini tidak sedikit buah yang dilapisi dengan lilin agar tampak segar. Ciri buah yang berlapisan lilin biasanya terlihat lebih mengkilat. Kemudian untuk menguji ada apa tidak lapisan lilin dalam buah tersebut anda bisa membakar buah tersebut bila ada lapisan lilinnya maka akan meleleh.

2. Cara Mengolah Sayur

Memakan sayur mentah-mentah merupakan cara terbaik mengkonsumsi sayuran. karena kandungan gizi dan Enzim didalamnya tidak akan hilang akibat proses pengolahannya. Cucilah buah-buahan dan sayuran dengan cara yang benar. untuk sayur yang akan dikonsumsi dalam keadaan mentah maka cucilah dengan air keran yang mengalir dan dicelupkan sebentar kedalam air panas, lalu kembali bilas dengan air matang.

Sementara itu untuk sayur yang akan ditumis atau direbus agar kandungan gizinya tidak banyak hilang ada beberapa hal yang perlu dicermati antara lain:

a. Masak sayur untuk porsi satu kali makan agar tidak mengalami proses pemanasan berulang.

b. rebus air hingga mendidih, baru masukan sayuran agar tidak lembek dan warna sayur tidak pudar.

c. Jangan menyimpan olahan sayuran bersantan lebih dari empat jam dalam suhu kamar.

d. Masak sayuran pada suhu minimal 70 derata celsius.

Perhatikanlah dengan baik dan benar Tips Mengolah sayuran dan Buah diatas agar makanan menu Diet anda sehat dan segar. demikianlah semoga bisa bermanfaat dan membantu anda membedakan sayuran dan buah yang bagus dan tidak untuk dikonsumsi serta agar anda tahu cara yang baik mengolahnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*