Minggu , 24 September 2017

kandungan Yang Terdapat Dalam buah pisang

Kandungan yang terdapat dalam buah pisang memang ada banyak sekali sehingga pisang kaya manfaat baik itu untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. itulah sebabnya buah ini sangat populer diseluruh dunia dan begitu disukai semua orang. disamping harganya yang relatif murah dan terjangkau juga mudah didapatkan disetiap tempat, bahkan di Indonesia sendiri hampir disetiap pulau terdapat pohon pisang. sebenarnya dari mana asal buah pisang ini? yes, sebelum kita bahas kandungan dari buah pisang ada baiknya kita ulas sedikit sejarah singkat asal usulnya.

kandungan gizi dan vitamin dalam buah pisang

Sejarah Singkat Asal Usul Buah Pisang

Pisang merupakan salah satu yang paling populer di Dunia, berdasarkan sejarahnya asal buah pisang diperkirakan dari kawasan hutan Asia Tenggara. Berdasarkan pendapat para ahli pisang pertama kali di budidayakan sebelum padi di daerah papua Nugini. Awal keberadaan buah pisang terlihat dari bukti tertulis yang ditemukan pada tulisan-tulisan Buddhis Pali dari abad ke-6 SM dan juga disebutkan dalam kitab kuno Hindu, Yunani, Cina, Romawi serta Islam. Namun budidaya pisang secara terorganisir dimulai oleh China.

Pada awalnya warna pisang merah dan hijau kemudian Jean Francois Poujot dari Jamaika melakukan mutasi tahun 1836 hingga menjadi pisang seperti sekarang. perjalan pisang keberbagai negara di dunia berawal ketika ditemukan di Laut tengah oleh oleh Alexander Agung beserta pasukannya selanjutnya sampai ke Madagaskar dan Palestina. selanjutnya perjalanan buah pisang dari Afrika Barat sampai ke Eropa yang dibawah oleh pelaut potugis kemudian dibawah lagi ke Canary Island berlanjut ke Hindia Barat, kawasan Karibia sampai Amerika.

Selain itu ditemukan juga bukti budidaya buah pisang di Romawi yang dilakukan oleh kaisar Octavius Agustinus. sebelum tahun 1870 orang Amerika tidak mengenal pisang sampai akhirnya Lorenzo Dow Baker dan Minor Keith memperkenalkan pisang kepada orang Amerika hingga menjadi makanan populer disana. Sekarang sudah lebih dari 170 negara membudidayakan buah pisang. itulah sejarah singkat tentang buah pisang.

Kandungan Buah Pisang

Setelah kita tahu sejarahnya sekarang kita juga harus tahu apa saja kandungan yang terdapat dalam buah pisang ini. Sebagai makanan yang mudah dicerna dan kaya manfaat buah ini memang memiliki berbagai macam kandungan seperti kalori, lemak rendah, kalium, magnesium, vitamin B6 dan C serta kaya serat sehingga bagus digunakan untuk menu diet sehat menurunkan berat badan. penjelasan lengkapnya baca uraian dibawah ini:

Dibawah ini beberapa kandungan dan nilai gizi yang terdapat dalam buah pisang:
1. Kalium
Kalium atau potasium berfungsi mengatur tekanan darah, mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lain terkait. nah, didalam buah pisang sendiri terdapat kalium sekitar 467 mg untuk yang berukuran sedang dan sekitar 1mg Sodium atau natrium.

2. Kalsium
Kalsium berfungsi dalam membentuk dan memilihara kekuatan tulang serta gigi, kemudian juga dapat membantu memperlancar kontraksi otot serta melancarkan pelepasan neurotransmiter. dalam buah pisang kandungan kalsium cukup tinggi 100gr pisang dapat memasok kalsium sebanyak 5mg untuk tubuh.

3. Karbohidrat
Pisang juga bisa dijadikan sebagai sumber energi dengan cepat karena kandungan energinya cukup tinggi meskipun kalau untuk pasien diabetes sedikit lebih tinggi. adapun kandungan energi yang terdapat pada pisang 100gr terkandung karbohidrat 22,84gr, 12,23gr gula dan serat 2,6gr. sehingga buah ini sangat cocok sebagai sumber energi pengganti nasi ketika diet.

4. Vitamin C
Pisang mengandung vitamin C hampir 8,7mg dalam setiap 100gr buah pisang. sehingga buah ini dapat digunakan sebagai antioksidan, melindungi dari stress dan mengendalikan radikal bebas yang masuk ke tubuh dengan kandungan Vitamin C nya.

5. Vitamin B6
Setelah vitamin C terdapat juga vitamin B6 0,8mg dalam setiap 225gr buah pisang. salah satu vitamin yang larut dalam air berfungsi memperlancar sistem saraf, melawan infeksi dan untuk sistem kekebalam tubuh.

6. Vitamin Lainnya
Selain Vitamin C dan Vitamin B6 masih ada juga vitamin lain lainnya yang terkandung dalam buah pisang yang dapat membantu pembentukan darah dan menjaga kebugaran tubuh setiap waktu. antara lain vitamin A, vitamin D, vitamin K, niasin, riboflavin, tiamin dan folat.

7. Mineral
Dalam buah pisang ditemukan berbagai macam kandungan mineral yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adapaun kandungan mineral buah pisang antara lain besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium, dan fluorida. kemudian terdapat juga kalori 90-93 kalori dalam 100gr buah pisang.

Dengan berbagai macam kandungan yang terdapat dalam buah pisang tersebut maka tidak heran kalau banyak yang memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan tubuh, sebagai pengobatan serta untuk merawat kecantikan. misalnya saja dijadikan diet untuk penurunan berat badan. cara menjalankannya bisa anda baca menu diet buah pisang pada artikel sebelumnya.

Demikianlah hanya itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai kandungan buah pisang yang luar biasa. semoga saja artikel ini walaupun singkat bisa menambah wawasan kita semua tentang buah yang sangat familiar disekitar kita.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*