Minggu , 24 September 2017

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat Di Wajah

Penyebab Munculnya Jerawat Di Wajah ~ Jerawat memang bisa menjadi masalah menakutkan bagi wanita terutama bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilannya. jerawat dialami oleh pria dan wanita, jadi bukan kaum perempuan saja yang mengalami masalah jerawat di wajah. Tapi yang lebih banyak mengalami masalah pada kulit wajah berdasarkan survei adalah wanita terutama jerawat dan kulit berminyak.

Jerawat adalah kondisi dimana tersumbatnya pori-pori kulit wajah oleh kotoran. Penyumbatan ini menyebabkan timbulnya peradangan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri pada daerah kelenjar sebacea. Akibat peradangan akut kulit menjadi bengkak, kemerahan serta rasa nyeri ketika tersentuh.

faktor penyebab timbulnya jerawat di wajah

Jerawat dan komedo yang sering muncul mengurangi rasa percaya diri dan dianggap sebagai musuh utama pada kulit wajah untuk setiap orang. penyebab jerawat bukan hanya tersumbatnya pori-pori pada kulit wajah saja, banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat. secara garis besar faktor penyebab jerawat dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam yakni hormon dan kadar minyak, sedangkan faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar seperti debu, kotoran, dan infeksi bakteri. penyebab munculnya jerawat ini biasanya terjadi karena kombinasi antara faktor internal dan eksternal. Untuk itu Pada kesempatan ini akan kita bahas kedua faktor penyebab timbulnya jerawat tersebut.

Faktor Internal Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah

1. Faktor Hormonal
faktor hormonal menjadi salah satu faktor yang berperan besar dalam proses pembentukan jerawat. sedangkan Hormon androgen merupakan hormon yang dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak pada wajah yang terdapat pada wanita dan pria.

Pada saat masa pubertas, kelenjar minyak yang dihasilkan menjadi berlebihan karena lebih aktif. kemudian minyak tersebut biasanya akan mengering dan mengelupas akibatnya bakteri menjadi berkumpul didalam pori-pori kulit sehingga menyebabkan tersumbatnya aliran minyak dari faolikel ke pori-proi. selain itu perubahan hormonal lainnya seperti masa wanita menstruasi, pemakaian pil KB, kehamilan dan stress dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat.

2. Faktor Genetik
Sifat genetik yang diwariskan diakui bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Orang-orang yang memiliki masalah jerawat pada umumnya diturunkan dari orang tuanya yang juga mempunyai masalah yang sama. Dimana gen yang diturunkan adalah gen-gen yang berhubungan dengan aktivitas kelenjar minyak yang berlebih.

3. Struktur Kulit
Struktur kulit berpengaruh besar terhadap munculnya jerawat Kulit berminyak memang mempunyai peluang 3 sampai 4 kali lebih besar menimbulkan jerawat, dibandingkan kulit normal dan kering. Alasannya tentu karena kelenjar minyak yang aktif memproduksi dan mengeluarkan minyak dengan tidak seimbang.

Kondisi minyak berlebih menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Semakin banyak minyak yang diproduksi maka kemungkinan saluran folikel rambut serta pori-pori kulit tersumbat semakin besar, jika terdapat bakteri maka akan menyebabkan jerawat. Namun bukan hanya produksi minyak berlebih ternyata sel-sel kulit mati yang tersumbat di dalam pori-pori dan saluran folikel rambut juga akan menimbulkan jerawat.

Faktor Ekternal Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah

1. Infeksi Bakteri
Pori-pori kulit serta saluran folikel rambut yang tersumbat oleh minyak, kotoran, kosmetik, sel-sel kulit mati dan infeksi bakteri didalam pori-pori ini bisa menyebabkan peradangan. Bakteri yang bertanggung jawab adalah bakteri propionibacterium acne. Apabila bakteri ini berkembang biak didalam kelenjar minyak yang tersumbat maka akan menghasilkan zat-zat yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit dan daerah sekitarnya. Iritasi tersebut akan menyebabkan pembengkakan dan menyebar ke daerah sekitarnya sehingga memberikan efek nyeri dan meninggalkan bekas yang sulit hilang. selain bakteri propionibacterium acne, bakteri staphyloccus aureus juga dianggap sebagai bakteri penyebab jerawat.

2. Kosmetik
Penyumbatan pori-pori kulit dan saluran folikel rambut juga dapat disebabkan oleh pengguanaan kosmetik. Penyumbatan terjadi akibat kosmetik yang banyak mengandung minyak atau pun bedak yang dicampur dengan foundation yang berstektur creamy atau two way cake. Selain itu, kosmetik yang mengandung kadar alkohol tinggi atau ketidak cocokan kosmetik juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jika anda selesai memakai kosmetik sebaiknya wajah dicuci bersih sehingga tidak tertinggal sisa-sisa kosmetik pada wajah.

3. Asupan Makanan
Asupan Makanan menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat, terutama jika mengkonsumsi makanan berminyak, berlemak, pedas, atau makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

4. Stres
Stres adalah faktor yang secara tidak langsung menyebabkan munculnya jerawat. Pada kondisi stres menyebabkan kondisi hormon menjadi tidak stabil yang mempengaruhi produksi dan sekresi minyak dari kelenjar minyak. Selain itu kondisi stres mempengaruhi asupan makan dan kondisi sistem imun yang menurun sehingga infeksi bakteri dengan mudah berkembang biak dan menyebabkan jerawat.

5. Obat-obatan
Konsumsi obat kortikosteroid baik yang diminum (oral) atau dioleskan (topical) pada tubuh menjadi salah satu faktor yang menimbulkan jerawat. Hal ini karena kortikosteroid yang mengakibatkan daya tahan menurun dapat meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat dari kondisi normal.

6. gaya Hidup
Gaya hidup yang tidak sehat seperti peroko, pecandu alkohol, konsumsi junk food, tingkat kerja yang tinggi menyebabkan stres, kurang istirahat, kurang olahraga, dan gaya hidup lain yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

7. Kebersihan
Kabersihan menjadi salah satu faktor penting dalam infeksi bakteri pada kulit. Jika memiliki permasalahan dengan jerawat maka hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan handuk, spons bedak, kuas makeup, atau peralatan apapun yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah. Bakteri yang terdapat pada benda-benda tersebut dapat mengakibatkan munculnya jerawat pada kulit.

Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat berdasarkan letak munculnya

Selain faktor Internal dan eksternal munculnya jerawat pada daerah tertentu diwajah menurut thebeautygypsy.com dapat disebabkan oleh berbagai hal yang berkaitan dengan fungsi-fungsi sitem organ pada tubuh manusia. Adanya gangguan pada sistem tersebut berkaitan dengan munculnya jerawat diberbagai tempat pada wajah. Gambar dibawah ini menunjukan penyebab jerawat berdasarkan letak munculnya di wajah.

penyebab jerawat muncul berdasarkan letaknya

Daerah 1, 2 dan 13 Sistem Pencernaan
Munculnya Jerawat pada daerah 1, 2, dan 13 mengindikasikan adanya gangguan pada sistem pencernaan. Hal ini bisa disebabkan karena asupan makanan yang kurang bergizi, seperti terlalu sering makan makanan olahan atau junk food.

Selain itu karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandunglamak berlebih. untuk mengatasinya, kurangi makanan berlemak, perbanyak makan sayuran dan buah-buahan dan minum air mineral (air putih) yang banyak.

Daerah 3 hati
Munculnya jerawat pada daerah 3 mengindikasikan adanya gangguan pada sistemekskresi khususnya hati. Hati adalah organ penetralisir racun yang masuk kedalam tubuh, jika fungsi terganggu karena terlalu banyak racun yang harus dinetralisir maka dapat menyebabkan munculnya jerawat pada daerah 3 yang merupakan zona dimana alergi akibat makanan menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Untuk mengatasinya kurangi konsumsi alkohol, kurangi rokok, kurangi makan makanan yang berminyak dan susu, rajin berolahraga ringan, dan istirahat yang cukup. Hal itu dapat membantu memulihkan fungsi dan kerja hati.

Daerah 4, 5, 7 dan 8 Ginjal
Munculnya jerawat pada daerah 4, 5, 7 dan 8 mengindikasikan adanya gangguan pada sistem ekskresi khususnya ginjal. jerawat yang muncul disekitar mata atau lingkaran hitam menunjukan kurangnya asupan air atau dehidrasi. Dehidrasi bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk stres, banyak pekerjaan dan kurang minum. Sehingga untuk mengatasinya perbanyaklah minum air putih minimal 8 sampai 10 gelas sehari dan kurangi minum alkohol, kopi, dan minuman soda.

Daerah 6 jantung
Munculnya jerawat pada daerah 6 mengindikasikan adanya gangguan pada sistem sirkulasi khususnya jantung. Jantung merupakan organ vital yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga jika terdapat jerawat pada daerah 6 sebaiknya periksa tekanan darah, hipotensi dan hipertensi. Untuk mengatasinya tingkatkan konsumsi vitamin B, tingkatkan makanan berlemak baik seperti omega 3 dan 6 serta kurangi makanan berlemak jahat. Omega 3 dan 6 bisa diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan. Selain itu lakukan olahraga yang teratur dan sehari usahakan minum air mineral 6 sampai delapan gelas untuk membantu kerja jantung anda.

Daerah 9 dan 10 Sistem pernapasan
Munculnya jerawat pada daerah 9 dan 10 mengindikasikan adanya gangguan pada sistem pernapasan. seseorang yang merokok pada umumnya akan muncul jerawat pada daerah 9 dan 10. Selain merokok jerawat pada area tersebut muncul disebabkan juga akibat alergi terhadap sesuatu misalnya minuman dingin atau makanan. Jika tidak memiliki masalah dengan rokok dan alergi, maka jangan biarkan tubuh terlalu panas, perbanyak makan makanan yang bersifat dingin buaha-buahan dan sayuran seperti semangka, melon dan mentimun. dan kurangi makanan seperti daging, alkohol, kafein, gula, dan susu sebab makanan tersebut bisa membuat tubuh anda menjadi asam.

Daerah 11 dan 12 Hormon
Munculnya jerawat pada area 11 dan 12 mengindikasikan adanya gangguan pada sistem hormonal akibat stres dan perubahan hormon. kedua masalah tersebut tidak bisa dihindari, terutama pada perempuan yang mengalami siklus menstruasi. Pada saat menstruasi hormon-hormon menjadi meningkat sehingga menyebabkan jerawat sering muncul pada area tersebut. Untuk mengatasi bisa dilakukan dengan mengkonsumsi sayuran hijau, menjaga kebersihan kulit, istirahat yang cukup dan minum air putih 6 sampai 8 gelas sehari.

Daerah 14 Penyakit
Jerawat yang muncul pada area 14 menunjukan kalau tubh sedang melawan infeksi mikroba untuk menghindari penyakit. untuk mengatasinya adalah istirahat yang cukup, hindari stres, olahraga teratur, tidur siang, bermeditasi dan minum air putih yang cukup sehari.

Memang kalau kita lihat diatas ada banyak sekali faktor penyebab timbulnya jerawat di wajah mulai dari faktor internal, faktor eksternal dan faktor lainnya berdasarkan letak munculnya jerawat. semoga saja ulasan yang cukup panjang ini mudah anda pahami dan dapat mengambil manfaatnya sehingga dapat mencegah datangnya jerawat pada kulit wajah anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*