Senin , 22 Juli 2019

Apakah Diet OCD Boleh Sarapan Pagi?

Apakah diet ocd boleh sarapan pagi? sarapan pagi sudah menjadi bagian hidup dan tradisi masyarakat Indonesia, selain itu sarapa pagi juga disebut sebagai bekal aktifitas yang sangat penting di pagi hari. Namun ada juga beberapa orang yang tidak terbiasa sarapan pagi dengan berbagai alasan.

Nah akhir-akhir ini kita telah dikejutkan dengan diet ala OCD Deddy Corbuzier yang salah satu di dalamnya melarang kita untuk sarapan pagi. Inilah yang membuatnya menjadi kontroversi, ada yang setuju dan ada pula yang tidak setuju.

Hal ini senada dengan beberapa pendapat para ahli kesehatan yang juga mengatakan bahwa sarapan pagi tidak harus di jalani bahkan boleh mulai ditinggalkan.

Alasan Diet OCD Melarang Sarapan Pagi

Apakah Diet OCD Boleh Sarapan Pagi?

Seperti yang dilansir dari situs vemale, salah satu ahli kesehatan yang berpendapat bahwa sarapan pagi tidak harus dijalani adalah Dr. John Berardi, co-founder Precision Nutrition. Dr. John Berardi.

Mereka mengatakan bahwa banyak orang yang kondisi kesehatannya biasa-biasa saja meskipun mereka melewatkan sarapan pagi.

Bahkan yang lebih mencengangkan yang ditemukan oleh berardi adalah tidak sarapan pagi tidak menurunkan metabolisme tubuh, justru dengan demikian berat badan dapat di maintenance.

Hal ini dapat diartikan bahwa bagi yang memiliki masalah kegemukan dapat terbantu menurunkan berat badan.

Berikut ini beberapa alasan kuat untuk meninggalka sarapan pagi menurut Berardi:

1. Tidak ada hubungannya dengan metabolisme

Jika dahulu banyak pendapat yang mengatakan bahwa metabolisme akan melambat jika kita tidak sarapan pagi, maka hal tersebut adalah mitos belaka.

Dari hasil penelitian diketahui bila penurunan metabolisme tidak ada hubungannya dengan sarapan pagi. Melainkan yang lebih menentukan metabolisme adalah kalori harian.

2. Dapat menata porsi makan

Dengan tidak sarapan pagi, tentu saja membuat Anda tidak makan secara berlebihan. Sehingga porsi makan Anda menjadi berkurang. Disarankan juga agar Anda mengatur waktu makan agar berat badan dapat diturunkan dan dijaga.

3. Dapat menurunkan asupan karbohidrat harian

Mungkin selama ini kita tidak menyadari bahwa asupan karbohidrat dan kalori sangat berlebihan setiap hari. Dengan tidak sarapan pagi, dapat mengurangi asupan karbohidrat dan kalori yang berlebihan tersebut sehingga tidak mengakibatkan kegemukan dan justru dapat mengurangi berat badan.

4. Dapat meningkatkan jumlah growth hormone

Pada saat Anda tidak sarapan pagi, maka secara otomatis kadar insulin dalam darah akan berkurang. Sensitivitas tubuh meningkatkan insulin akan terlatih sehingga kadar gula dalam darah bisa dikendalikan.

Pada waktu yang sama, tubuh akan memproduksi growth hormone, yang digunakan untuk regenerasi sel-sel tubuh serta membakar lemak di dalam tubuh.

5. Mendengarkan kebutuhan tubuh

Dengan mengkonsumsi segelas susu, sepiring roti atau justru sepiring nasi goreng terkadang membuat Anda mual dan rasanya tidak nyaman.

Mungkin karena terpaksa dan hanya kebiasaan, sehingga Anda jadi tidak tahu apakah sebenarnya tubuh benar-benar membutuhkan asupan tersebut, atau hanya karena terpaksa? Anda dapat menggantinya dengan segelas jus buah di pagi hari untuk membuat tubuh menjadi lebih segar.

Karena kondisi tubuh setiap orang seringkali berbeda-beda, maka Anda bebas memilih dan menentukan mana yang terbaik.

Bila sarapan pagi membuat Anda lebih baik, maka Anda tidak harus meninggalkannya. Dan demikian juga dengan meninggalkan sarapan pagi kondisi tubuh Anda baik-baik saja dan justru dapat digunakan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan, maka Anda bisa melanjutkannya.

Ingat hal ini adalah tentang gaya hidup dan kesehatan tubuh masing-masing. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Support By: HANDRA