Kamis , 18 Oktober 2018

Penyebab Perut Buncit dan Solusinya

penyebab perut buncit dan solusinyaMengetahui penyebab perut buncit memang sangat penting agar lebih cepat dan mudah dalam melakukan penanganan dan bisa mencari solusi yang tepat dan aman. selain itu bagi kita yang belum mengalami perut buncit maka dengan mengetahui penyebabnya kita dapat mencegahnya sebelum hal itu terjadi. Masalah perut yang membuncit memang kerap membuat sebagian orang tampil kurang percaya diri baik pria maupun wanita sehingga tidak heran jika banyak yang mencari cara mengecilkan perut agar tidak buncit.

Disadari atau tidak, banyak dari kebiasaan kita sehari-hari ternyata menjadi penyebab perut buncit. Dan sayangnya, kebanyakan dari kita tidak menyadarinya dan menyalahkan porsi makan kita yang besar dan banyak sebagai penyebab utama perut buncit. Faktanya, makan dalam porsi kecil pun bisa menyebabkan perut kita menjadi besar dan buncit, jika kita tidak menerapkan pola makan yang salah. Untuk itu, bagi anda yang saat ini berkutat dengan perut buncit, berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab perut buncit dan solusinya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Kebiasaan yang dapat menyebabkan perut buncit

Kebiasaan #1: Makan Pada Malam Hari.
Banyak dari kita menganggap kebiasaan makan pada malam hari adalah sesuatu yang biasa dan lumrah. Dan memang, kebiasaan tersebut tidak akan menggangu kesehatan kita secara langsung. Namun jika dilakukan selama terus menerus, maka hal tersebut bisa menjadi penyebab utama perut buncit. Saat malam hari, kita jarang melakukan aktifitas fisik dan berat, sehingga makanan yang kita konsumsi malam hari akan tertimbun di dalam tubuh dan menyebabkan perut menjadi buncit. Solusinya, batasi waktu makan anda hingga jam 5-6 sore. Mungkin akan terasa berat untuk mengubah kebiasaan tersebut pada awalnya, namun lambat laun anda akan mulai terbiasa.

Kebiasaan #2: Duduk Terlalu Lama
Satu lagi penyebab perut buncit yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah duduk terlalu lama. Mereka yang menghabiskan sekitar 6 jam atau lebih di depan computer setiap harinya harus segera merubah kebiasaan tersebut. Lalu bagaimana dengan mereka yang harus bekerja selama itu di depan computer? Jika hal tersebut tak bisa di hindari, maka hendaknya mereka mengimbanginya dengan olahraga atau senam ringan di sela-sela pekerjaan. Sempatkan setidaknya 15 menit setiap 2-3 jam untuk menjauhkan diri anda dari layar computer, dan lakukan peregangan ringan. Tidak hanya menghindari perut buncit, hal tersebut juga akan memberi waktu untuk mata dan otak anda untuk sedikit rileks, dan menghindari perasaan stres dan depresi karena pekerjaan.

Kebiasaan #3: Mengkonsumsi Junk Food Berlebihan
Junk Food atau “Makanan Sampah” adalah jenis makanan rendah gizi namun mengandung lemak dan kalori tinggi. Dan sialnya lagi, makanan junk food umumnya sangat lezat dan murah sehingga banyak disukai oleh masyarakat. Mengkonsumsi junk food tidak hanya membuat perut buncit namun juga membahayakan kesehatan tubuh kita. Hal ini cukup masuk akal mengingat junk food umumnya mengandung lemak tak jenuh yang tidak hanya sukar dicerna oleh tubuh namun juga dapat memicu perkembangan berbagai penyakit. Belum lagi banyaknya radikal bebas yang terkandung di dalamnya dikarenakan proses pemasakan yang tidak sehat, yang dapat mempertinggi resiko terkena kanker. Dan junk food di Indonesia tidak hanya berupa ayam goreng tepung dan French fries, bahkan aneka gorengan yang dijajakan di pinggir jalan pun masuk kategori Junk Food.

Kebiasaan #4: Mengkonsumsi Makanan Mengandung Gas
Ubi, Kopi, Brokoli, dan Permen Karet merupakan jenis-jenis makanan yang mengandung gas. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, maka system pencernaan kita akan memproduksi gas yang berlebihan yang dalam jangka panjang menyebabkan perut kita menjadi melar dan buncit. Bagi anda yang menyukai kopi di pagi hari, ada baiknya mulai merubah kebiasaan tersebut untuk menghindari perut buncit.

Dengan mengetahui penyebab perut buncit dan solusinya, diharapkan akan mengedukasi mereka yang ingin mengatasi masalah perut buncit. Ubahlah kebiasaan-kebiasaan diatas dan mulailah hidup lebih sehat tanpa perut buncit.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*